Tips Belajar Bagi Siswa

Belajar merupakan proses pemindahan (upaya memindah secara sadar) semua informasi dari hal-hal yang berada di luar siswa ke dalam mind set siswa melalui berbagai elemen penghantar, seperti guru, media pembelajaran, miliu pendidikan, dukungan orang tua dll. Hal yang paling penting dalam belajar adalah modal dasar yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa seperti intuisi, daya khayal, keyakinan, kemampuan serta kemauan/tekad, semangat, rasa percaya diri, keberanian, serta sikap mental yang positif.
Banyak orang-orang hebat berasal dari latar belakang ekonomi lemah, keluarga broken home, kelompok masyarakat marginal, dsb. Mereka Bisa karena mereka berkata aku bisa. Mereka kuat karena berkata aku kuat. Mereka mampu karena mereka berkata aku mampu. Dorongan diri/motivasi diri adalah modal utama manusia meraih segala apa yang diimpikan. Semakin kecil dorongan mereka semakin kecil pula kekuatan serta daya khayalnya. Sehingga mereka yang selalu berada dalam kepesimisan, tidak pernah sanggup untuk melepaskan diri dari keterkungkungan sikap negatif diri yang membelenggu.
Jadi pada intinya adalah cita-cita hanyalah bayangan keindahan kita pada masa yang akan datang. Terlalu terobsesi oleh khayalan keindahan dengan tidak menyeimbangkan gerak diri dengan mengoptimalkan segala potensi yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita, maka cita-cita itu hanyalah embun di siang hari. Untuk meraihnya diperlukan tiga komponen utama yakni : konsep diri yang positif, daya dukung orang tua dan sekolah, serta lingkungan yang kontributif.

Posting Komentar

0 Komentar